Dark Light
Artikel ini untuk membagikan cerita terkait #SemangatNASionalisme

Bekerja sebagai security engineer / pentester sangatlah tergantung dengan hal yang dinamakan dokumentasi.

Flow saat ini saya menggunakan screen recording dari zoom untuk mengingat apa yang saya kerjakan setiap harinya. Kalau cuman storage 256GB bawaan Mac, itu sangat – sangat tidak cukup.

Untuk saat ini saya memanfaatkan penyimpanan video di Youtube dengan saya list sebagai private. Namun seiring berjalannya waktu, saya menyadari yang saya upload merupakan data sensitif. Sehingga saya menginvestasikan untuk beli docking station merk ProBox dengan konfigurasi 4Bay.

Konfigurasi saat ini

Nah tapi sangat ada kendala ketika saya ingin mengaksesnya melalui smartphone, itu berarti saya mesti membuka-nya dari MacOS saya untuk mengecek data – data yang saya perlukan. Alhasil ada hal – hal yang tidak bisa dilakukan dengan cara yang lebih efisien.

Baca kesana kesini, dan review dari youtuber. Muncullah solusi NAS yang sepertinya digunakan oleh ranah enterprise, namun kali ini ada versi yang lebih ramah untuk end-user.

Saya melihat ada fitur untuk memutar video secara langsung dari aplikasi Synology.

Saya melihat ini di website synology.

Sangat memudahkan saya untuk mengecek data berupa video untuk memberikan evidence pekerjaan saya dengan lebih efisien kalau saya mempunyai NAS untuk pekerjaan saya. Terlebih koneksi internet saya yang memadai, akan sangat terbantu mengakses data saya dengan bantunan NAS ini. Dikarenakan NAS ini akronim dari Network Attached Storage, itu berarti saya bisa menghubungkan NAS ini ke jaringan internet dirumah saya dan kemudian mengaksesnya dari jauh dengan bantuan koneksi internet.

Jujur untuk ranah storage / filesystem saya masih kurang paham, namun sepertinya synology dapat menjelaskan dengan detail dan menggunakan bahasa yang “ramah”

Dari penjelasan tersebut, saya merasa aman menyimpan data di NAS synology.

Jadi kalau saya baca dari penjelasan filesystem btrfs ini, dia dapat melakukan snapshot/replikasi data dengan lebih efisien. Kemudian dengan ada-nya model RAID, mereka memberikan redundansi data yang itu berarti data pada NAS synology akan melakukan self-healing jika salah satu harddisk mengalami gangguan.

Untuk fitur DSM-nya sendiri sangat lengkap

Saya dapat melakukan backup tanpa harus tergantung dengan sistem operasi yang saya gunakan, serta dapat diakses melalui smartphone. Kemampuan replikasi data juga dapat disuguhkan oleh fitur DSM.

Jadi, itu alasan saya mengapa saya membutuhkan Network Attached Storage atau NAS dari Synology. Kita harus merdeka dari biaya cloud storage bulanan! Haha!

#SemangatNASionalisme #NASkuSynology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Aku rindu.

Halo cantik, kamu semangat ya! —- Beberapa hari belakangan kamu lagi banyaaaaaaaaak sekalii kerjaan yang rumit dan menguras…

Rindu

Memang payah, baru 15 hari aja udah rewel. Padahal masih ada 2 bulan lagi. fyuh.